Laba-laba dapat mengendus dan menghindari semut pembunuh

Laba-laba menghindari membangun jaring di dekat semut api Eropa, predator alami mereka, dengan merasakan bahan kimia yang mereka keluarkan di lingkungan, demikian temuan peneliti Universitas Simon Fraser.

Laba-laba dapat mengendus dan menghindari semut pembunuh

Temuan yang diterbitkan baru-baru ini di Royal Society Open Science , memberi kita gambaran tentang perjuangan abadi antara laba-laba dan semut, dan dapat mengarah pada pengembangan penolak alami bagi pemilik rumah yang khawatir dengan tamu berkaki delapan yang tidak diinginkan.

Banyak semut memangsa laba-laba, menunjukkan bahwa laba-laba pembuat jaring mungkin menghindari lokasi di dekat koloni semut atau sering dikunjungi semut yang mencari makan. Tim peneliti, yang dipimpin oleh kandidat PhD ilmu biologi SFU, Andreas Fischer, berhipotesis bahwa laba-laba secara naluriah tahu untuk menghindari membangun jaring di daerah berbahaya ini dengan merasakan isyarat kimia yang ditinggalkan oleh semut pemangsa.

Info website123:  Informasi Pemasaran Pelumas Motor Matic TOP 1 Action Matic di Palembang

Para peneliti menguji teori tersebut dengan memaparkan kertas saring ke beberapa spesies semut dan menempatkannya di habitat multi-ruang dari empat spesies laba-laba yang berbeda. Kertas saring tanpa semiokimia semut ditempatkan di ruangan lain untuk melihat area mana yang disukai laba-laba.

Mereka menemukan bahwa deposit kimia semut api Eropa khususnya, yang dikenal sebagai pemakan segala omnivora agresif dan memangsa banyak invertebrata, memiliki efek jera pada semua spesies laba-laba yang diuji. Laba-laba memilih untuk tinggal di ruangan yang tidak memiliki jejak kimiawi semut di dekatnya.

Mengingat berapa banyak waktu dan energi yang dihabiskan laba-laba untuk membangun jaringnya, Fischer mengatakan masuk akal jika laba-laba di alam liar akan memilih lokasi yang memiliki lebih sedikit ancaman bagi kelangsungan hidupnya.

Info website123:  Ulasan Pemasaran Oli Motor Matic Castrol Activ Matic dengan ZipBoosters di Kendari

Sementara itu, ketakutan masyarakat terhadap laba-laba telah menyebabkan pengembangan banyak insektisida dan produk kimia lainnya yang mengklaim dapat mengusir laba-laba. Tetapi kebanyakan dari mereka telah terbukti sebagian besar tidak efektif karena laba-laba mampu meninggalkan jaring mereka dan membangun kembali di tempat lain.

Memanfaatkan bahan kimia alami yang dikeluarkan oleh predator alami mereka dapat membantu menciptakan penolak yang lebih efektif bagi pemilik rumah. Para peneliti memperingatkan agar tidak menggunakan semut api Eropa, spesies invasif, sebagai pengendalian hama.

 

Laba-laba dapat mengendus dan menghindari semut pembunuh

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.